CARA MEMBUAT AYAM RICA-RICA MANADO (RESEP 2)



Nah sekarang saatnya kita mencoba mempraktekan resep masakan enak lainnya yaitu resep ayam rica-rica. Resep ayam rica-rica memang banyak dicari oleh para pecinta kuliner khusunya pecinta resep ayam. Resep ayam rica-rica adalah resep masakan yang berasal dari daerah manado. Rasanya yang khas membuat para pecinta masakan nikmat ketagihan karenanya.
Selain menyajikan kelezatannya, resep ayam rica-rica juga termasuk resep ayam yang tidak begitu sulit, bahkan bagi yang dalam tahap belajar sekalipun tidak ada salahnya kalau  mencoba memperaktekan resep ayam rica-rica ini. Nah ini cara membuat ayam rica-rica beserta bahan-bahan yang dibutuhkan.

Bahan-bahannya:
1 ekor   ayam dipotong 16 bagian
2 batang  serai di memarkan
6 buah   bawang merah di rajang
1 lembar  daun pandan
5 lembar  daun jeruk
50 ml   air
1 buah   jeruk nipis
12 buah   cabai merah
10 buah   cabai rawit merah
7 siung   bawang putih
4 cm   jahe

Cara mengolahnya:
1. Haluskan cabai merah,cabai rawit merah,bawang putih dan jahe,sisihkan. 
2. Tumis bawang merah,serai dan daun pandan sampai bawang kecoklatan. 
3. Masukkan bumbu yang dihaluskan dan daun jeruk ,aduk sampai harum.
4. Kemudian masukkan ayam aduk sampai ayam berubah warnanya, tambahkan air, kecilkan api, tutup. Di ungkep sampai airnya agak mengering sambil sekali-sekali diaduk-aduk.Angkat. 
5. Tambahkan air jeruk,aduk sampai rata. 

Beberapa tips penting : 
1. Sangat disarankan untuk mempergunakan Jahe Merah daripada Jahe Putih rasanya sangat beda. 
2. Tambahkan juga Daun Bawang dan Daun Kemangi secukupnya untuk penguat rasa. Gurih loh rasanya. 
3. Sebaiknya ayam itu sebelum di olah, setelah dipotong-potong direndam dengan perasan air jeruk selama kira-kira 45 menit. Jadi tidak perlu lagi ditambahkan air jeruknya diadonan.

Nah mudah bukan?, saya yakin anda semua dapat dengan mudah memahami dan mempelajari resep ayam rica-rica ini dan dapat membuatnya dirumah dan menyajikannya kepada keluarga tercinta. Nantikan juga resep lainnya yang membuat lidah bergoyang. Ok selamat berkreasi dan semoga sukses ya.. salam..